Video Music

Sabtu, 09 Juni 2012

Sejarah Tercipta Band Endank Soekamti

Rabu, 07 Maret 2012


       Grup band Endank Soekamti berawal dari spontanitas hingga akhirnya bisa menjadi salah satu band yang punya penggemar tersendiri di jagad musik Tanah Air.

“Semula kita dari pertemanan. Dari krunya, manajemennya juga dulu memang teman nongkrong bareng waktu di Yogya. Waktu tahun baru, kita ngejam bareng di acara tahun baru. Acaranya sih kecil. Saat itu tahun 2001. Kita mainin lagu Blink. Kan kita cuma bertiga,” tutur Erik kepada okezone, yang ditemui belum lama ini.

Lalu, dari mana nama Endank Soekamti yang diawaki oleh Erik(vokal dan bass), Ari (drum), dan Dori (bass), ini berasal?

“Waktu itu di SMA. Aku punya cita-cita punya band namanya Soekamti, itu nama guru aku. Terus Endank itu mantannya Ari. Ya sudah kita gabungkan biar unik saja,” jelas pria bertato ini.

Uniknya, band dengan lagu terbaru Semoga Kau di Neraka ini sebelum eksis sudah lebih dulu membuat stiker dan merchandise Endank Soekamti, lalu disebarkan kepada teman-teman.

“Waktu itu spontan aja, ’Bikin kaos dong, gue beli’. Akhirnya, kita bikin marchandise dulu. Habis itu kita seriusin aja bikin demo, lalu minta diputar di radio-radio,” urainya.

      Setiap orang memiliki tradisi dalam merayakan ulang tahun. Tak terkecuali dengan grup band rock Endank Soekamti. Band yang berulangtahun ke-10 1 Januari mendatang ini tengah menyiapkan ‘penyiksaan’.

Hal tersebut diungkapkan manager Endank Soekamti, Tony Trax, saat berbincang dengan okezone, Kamis (9/12/2010).

“Kita punya tradisi, siapa saja yang ultah akan mengalami penyiksaan. Diikat di pohon, ditelanjangi, disiram air comberan sampai telor busuk,” ungkap Tony.

Tony menceritakan, dia juga pernah mengalami penyiksaan tersebut tahun lalu saat show di Sumedang. Menurutnya, tradisi ini sudah berjalan selama lima tahun belakangan.

“Setiap kru dan personel sudah mengalami semua. Jadi saya yang terakhir, karena saya baru jadi manager mereka setahun lalu,” jelasnya.

Tak hanya kru dan personel, fans mereka yang dinamakan Kamtis Family juga pernah merasakan hal yang sama saat berulangtahun.

Dalam ulang tahun kali ini, Endank Soekamti menggelar sayembara pembuatan desain merchandise untuk ulang tahun mereka. Pemenang pembuatan merchandise berupa kaos ini akan mendapatkan sejumlah uang tunai.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More